Cara Menanam Anggur dari Biji

Menanam Anggur dari Biji


Budidaya anggur menjadi tren pada beberapa dekade terakhir. Harganya yang tinggi ditambah dengan belum banyak orang yang melakukan budidaya, menjadikan alasan banyak orang belajar cara berkebun buah anggur ini. Peluang tersebutlah yang mendorong banyak orang belajar cara budidaya anggur. 

Namun, budidaya anggur tidak semudah menanam buah lainnya. Artinya, menanam anggur tidak hanya sekadar melemparkan biji dan hanya menunggunya tumbuh. Biji yang masuk ke dalam tanah belum tentu tumbuh menjadi anggur yang baik, yaitu anggur yang dapat tumbuh sehat dan dapat berbuah.

Anggur memiliki banyak sekali ragam dan jenisnya. Setiap jenis anggur memiliki harga dan cita rasa yang berbeda. Umumnya anggur yang memiliki harga mahal cenderung berukuran besar dan mempunyai rasa yang manis. Namun, untuk cara budidaya, semua jenis anggur cenderung memiliki cara yang sama.

Cara Menanam Anggur dari Biji


Langkah - langkah dalam menanam anggur harus dilakukan dengan benar supaya hasilnya juga memuaskan. Cara - Cara dibawah merupakan beberapa cara dari sekian cara. Jadi, menanam anggur dari biji tidak harus sama dengan yang dicontohkan.

Bahan dan Alat 

Bahan:

  • Biji anggur
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Air hangat 

Alat:

  • Kapas 
  • Toples
  • Alat penyemprot ( opsional )

Cara Membuat Racikan Perangsang Kecambah


1. Tumbuk Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih memiliki senyawa belereng dan alicin yang bagus untuk melawan tumbuhnya jamur sehingga biji anggur bisa tumbuh dengan bagus. Sedangkan bawang merah memiliki vitamin B1 dan alicilin yang baik bagi pertumbuhan tunas. Selain itu, bawang merah juga mengandung Auxin dan Rhizokalin untuk mempercepat tumbuhnya akar.

2. Rendam Hasil Tumbukan dengan Air Hangat

Dengan adanya air hangat, zat yang terkandung pada bawang merah dan bawang putih dapat terurai dengan cepat. Air inilah yang akan digunakan untuk penyemaian biji anggur. Proses perendaman kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Tujuannya yaitu membuat zat yang terdapat dalam bawang putih dan bawang merah terurai dengan baik.

Cara Penyemaian Biji Anggur


1. Rendam Biji Anggur dengan Air Hangat

Perendaman biji anggur dengan air hangat bertujuan untuk membersihkan biji anggur dari sisa daging buah. Daging buah yang tersisa akan terkelupas di dalam air. Selain itu, air hangat juga membantu merangsang pertumbuhan kecambah. Ketika direndam, biji anggur yang berkualitas baik akan berada di dasar air. Sedangkan biji anggur yang tak layak akan mengapung. Oleh sebab itu, pilih biji anggur yang berada pada dasar air dan buang biji yang mengapung. Perlu diingat, untuk perendaman pertama ini hanya menggunakan air hangat tanpa campuran apapun. Prosesnya kurang lebih selama 1 jam.

2. Rendam Biji Anggur dengan Larutan Bawang

Perendaman yang kedua yaitu dengan menggunakan hasil larutan bawang putih dan bawang merah. Lama waktu perendaman yakni selama 4 sampai 7 jam. Perendaman selama itu memiliki maksud yaitu membuat zat yang terkandung dalam larutan dapat meresap dengan baik pada biji anggur.

3. Taburkan Biji Anggur pada Kapas 

Sebelum menaburkan biji pada kapas, pastikan kapas disemprot air terlebih dahulu. Kemudian, kapas yang telah basah dimasukkan ke dalam toples. Setelah itu taburkan biji ke atas kapas. Biji pada kapas jangan terlalu disusun saling berdampingan. Tujuannya adalah agar semua biji memperoleh air yang cukup untuk tumbuh. Lebih baik dalam 1 kapas, menampung maksimal 5 biji anggur. Selanjutnya, semprot biji tersebut dengan air kembali. Namun, jangan sampai menggenang. Kapas harus selalu dalam kondisi lembab, tetapi tidak sampai penuh dengar air.

Cara Menanam Anggur dari Biji

4. Tutup Toples dan Simpan pada Tempat tanpa Sinar Matahari Langsung

Agar kondisi kapas dan biji tetap lembab maka harus disimpan pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Setelah itu, biarkan biji anggur selama seminggu sampai dengan 10 hari. Setelah muncul kecambah, biji bisa dipindahkan pada media tanah.

Menanam anggur dari biji memang mudah mudah susah. Belum tentu semuanya dapat mengeluarkan kecambah. Untuk itu, diperlukan keuletan dan sikap pantang menyerah agar memperoleh hasil yang memuaskan. Di samping itu, menanam anggur dari biji memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.
Budidaya Anggur dari Biji

Kelebihan


1. Akar Lebih Kuat

Pertumbuhan anggur dari biji memiliki akar yang lebih kuat dibandingkan dengan metode lain seperti stek. Dengan kelebihan ini, umumnya batang yang dihasilkan dimanfaatkan sebagai bawahan dalam okulasi dengan varian anggur yang lebih baik.

2. Imunitas dari Penyakit Lebih Tinggi

Anggur yang ditanam melalui biji, umumnya lebih kebal dari penyakit dibandingkan dengan stek. 

3. Biaya Lebih Terjangkau

Dalam menanam anggur dari biji hanya memerlukan sedikit bahan dan alat. Bahan dan alat yang digunakan pun tidak terlalu menguras uang. Mungkin hanya biji anggur yang perlu uang untuk mendapatkannya. Selain itu, semuanya ada di sekitar kita.

Kekurangan


1. Lama Berbuah

Pertumbuhan melalui biji anggur, memiliki berbagai sifat yang berbeda dengan induknya. Itu dikarenakan saat penyerbukan terjadi persilangan beraneka ragam sifat. Tak jarang, sifat jelek seperti pohon tinggi, buah yang mungil bahkan sulit berbuah sering terbawa kepada bakal pohon anggur.

2. Memiliki Sifat yang Beragam

Dari keseluruhan biji anggur yang ditanam, belum tentu semuanya memiliki sifat yang sama. Ada yang bersifat bagus dan ada yang bersifat buruk. Belum tentu juga semuanya dapat bertahan hidup.

Menanam anggur dari biji memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada umumnya, para pembudidaya menggunakan pohon anggur dari biji sebagai bawahan karena akarnya yang kuat dan tahan penyakit. Namun untuk mendapatkan varian anggur yang lebih baik, mereka menggunakan teknik okulasi atau dalam budidaya anggur biasa disebut grafting.

Pertanyaan Umum


1. Apakah Biji Anggur Bisa Ditanam?

Tentu saja biji anggur bisa ditanam. Namun, untuk menanamnya tidak semudah menanam buah lainnya. Diperlukan cara yang benar dan  diikuti sikap yang pantang menyerah dalam mencoba.

2. Berapa Lama Anggur Berbuah dari Biji?

Tanaman anggur dari biji dapat berbuah dalam 2-3 kali setahun. Namun, perawatan anggur juga harus dilakukan dengan benar seperti pemberian pupuk, penyiraman dan pemangkasan. Selain itu, tanaman anggur dari biji juga bisa berbuah lebih lama dari yang lain. Itu disebabkan sifat pada biji yang berbeda dengan induknya.

3. Berapa Lama Kecambah pada Anggur Dapat Muncul?

Pada umumnya, kecambah akan muncul sekitar 7 sampai 10 hari dari langkah penyemaian. Namun, terkadang bisa sampai 20 hari belum muncul kecambah juga. Penyebabnya ialah anggur yang kurang baik, nutrisi yang kurang dan salah dalam menanam


Kesimpulannya yakni menanam anggur dari biji bisa dilakukan oleh semua orang asal ada niat dan tekad disertai sikap pantang menyerah. Apabila artikel ini bermanfaat bisa tekan tombol share dibawah.
- Salam Pengangguran